40 Soal Pemrograman Dasar dan Jawaban
1.
Dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus dilakukan adalah...
a. Mempelajari program
b. Membeli komputer
c. Membuat Algoritma
d. Membuat Proses
2.
Sebuah prosedur Langkah Demi Langkah Yang pasti untuk menyelesaikan sebuah
masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu disebut...
a. Proses
b. Prgoram
c. Algoritma
d. Step
3. Algoritma berasal dari kata...
a. Algorith
b. Algorithm
c. Algorism
d. Aritmatika
4. Pada pembuatan program komputer, Algoritma
dibuat dengan....
a. Sebelum pembuatan program
b. Pada saat program dibuat
c. Sesudah pembuatan program
d. Pada saat verifikasi program
5.Urutan langkah-langkah logis untuk
menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis disebut...
a. Algoritma
b. Flowchart
c. Variable
d. Tipe Data
6. Model penulisan dan perancangan algoritma
menggunakan simbol bangun ruang dalam mempresentasikan proses program
disebut....
a. Natural Language
b. Bahasa narasi
c. Bahasa alami
d. Flowchart
7. Suatu metode yang penulisan logika
penyelesaian masalah menggunakan bahasa yang disamarkan dari bahasa pemograman
disebut metode penulisan...
a. Flowchart
b. Pseudocode
c. Bahasa alami
d. Bahasa Inggris
8. Apabila a=5, b=10, maka jika diberikan
instruksi a=b; b=a akan mengakibatkan...
a. a=0, b=5
b. a=10, b=5
c. a=10, b=0
d. a=10, b=10
9. Dibawah ini beberapa struktur dasar algoritma
antara lain...
a. Perbaikan, Pemulihan, Perulangan
b. Urutan, Pilihan, Pengulangan
c. Urutan, Pemulihan, Perulangan
d. Pemulihan, Urutan, Pemograman
10. Yang termasuk ke dalam jenis algoritma
percabangan adalah...
a. Main
b. For do
c. Repeat Until
d. If else
11.
Yang termasuk ke dalam jenis algoritma perulangan adalah...
a. Main
b. For do
c. Repeat until
d. If else
12. Istilah "Perulangan" dalam
pemograman C++ dikenal dengan...
a. Repeating
b. Looping
c. Again
d. Funtion
13. Yang menunjukan awal dan akhir pada sebuah
flowchart adalah...
a. Data Flow
b. Data
c. Terminator
d. Decision
14. Bentuk belah ketupat pada diagram flowchart
diberi nama...
a. Data Flow
b. Data
c. Terminator
d. Decision
15. Symbol yang digunakan untuk menghubungkan
antara symbol yang satu dengan yang lainya adalah symbol...
a. Terminator
b. Display
c. Flow Direction
d. Processing
16. Bilangan yang mengandung pecahan, paling
sedikit harus ada satu digit angka sebelum dan sesudah titik decimal termasuk
dalam tipe data...
a. Riil
b. Boolean
c. Integer
d. Longint
17. Int x = 3.05;, tipe data yang digunakan
adalah...
a. Char
b. Long int
c. Float
d. Short int
18. Double angka;, kode program disamping
merupakan tipe data...
a. Bilangan bulat
b. Bilangan cacah
c. Logika
d. Karakter
19. Pernyataan yang sesuai untuk mendefinisikan
tipe data bilangan bulat adalah...
a. Tipe data yang berfungsi menampung data yang
memiliki angka belakang koma
b.
Tipe data yang mempresentasikan data yang hanya mengandung dua nilai
c. Tipe data yang mepresentasikan data berupa karakter
d. Tipe data yang digunakan untuk angka yang tidak memiliki
angka dibelakang koma
20. Dibawah ini merupakan tipe data bilangan
bulat adalah...
a. Char
b. Double
c. Float
d. Int
21. Tipe data bahasa c++ untuk true false
adalah...
a. String
b. Char
c. Boolean
d. Byte
22. Berikut ini adalah syarat pembuatan variabel
yang harus kita perhatikan, kecuali...
a. C++ bersifat case sensitive
b. Tidak boleh diawali dengan angka
c. Tidak boleh mengandung spasi
d. Harus menggunakan spasi
23. Penulisan kode program untuk variabel yang
benar adalah...
a. Long 1000;
b. int !satu;
c. long break;
d. Float bilangan_riil;
24. Variabel yang digunakan untuk
mengidentifikasi data yang nilainya sudah ditentukan dan tidak dapat diubah
saat program berjalan disebut...
a. Konstanta
b. Label
c. Tipe
d. Variabel
25. Contoh bentuk deklarasi variabel bertipe
karakter yang benar adalah...
a. Char return;
b. Void main;
c. Char panjang, a;
d. Panjang char;
26. Operator untuk peningkatan nilai bertambah 1
termasuk dalam operator...
a. Operator bitwise
b. Operator logika
c. Operator unary
d. Opetator binary
27. Operator yang digunakan dalam operasi yang
melibatkan tiga buah operad adalah...
a. Operator bitwise
b. Operator logika
c. Operator unary
d. Operator tenary
28. Yang bukan termasuk jenis operator yaitu...
a. Penambahan
b. Arimatika
c. Logika
d. Variabel
29. Operator logika yang menyatakan
"dan" dalam lambang berikut ini adalah...
a. &&
b. ||
c. !
d. <>
30. Operator logika yang menyatakan
"atau" dalam lambang berikut ini adalah...
a. &&
b. ||
c. !
d. <>
31. Yang termasuk operator logika ingkaran
adalah...
a. !
b. &&
c. <>
d. }}
32. Fungsi dari operator % sebagai...
a. Pembagian 2 bilangan
b. Membagi per seratus persen
c. Prosentasi 2 bilangan
d. Mencari sisa pembagian 2 bilangan
33. Penggunaan aritmatika yang benar yaitu...
a. t=t+angka;
b. Float r,l,x,t=0
c. while(i<=3);
d. for(x=1,x<=10,X++);
34. Pernyataan a = 7 % 4 akan menghasilkan a =
...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
35. ++ dan -- merupakan operator...
a. Operator Aritmatika
b. Operator Increment dan Decrement
c. Operator majemuk
d. Operator Relasional
36. Penulisan Array terdiri dari kecuali..
a. Tipe data
b. Nama data
c. Jumlah data
d. Jenis data
37. Array terdiri dari berbagai tipe kecuali..
a. Array Multi-Dimensi
b. Array dimensi satu
c. Array dimensi tiga
d. Array dimensi dua
38. Indeks array secara default dimulai dari...
a. -1
b. 0
c. 1
d. 9
39. Beberapa pengertian dan fungsi Array yang
benar terdapat pada...
a. Hanya dapat menampung nilaai angka
b. Dapat menampung nilai character
c. Dapat menampung nilai angka dan character
d. Mempermudah penyimpanan character yang lebih dari satu
40. Int datasiswa[5][5]; Potongan script
disamping termasuk data bertipe...
a. Array Multi-Dimensi
b. Array dimensi satu
c. Array dimensi tiga
d. Array dimensi dua
Tidak ada komentar:
Posting Komentar