Rabu, 16 September 2020

 

 Pengertian Mouse

Pengertian Mouse adalah salah satu jenis perangkat keras komputer yang tergolong pada jenis hardware input (baca: jenis jenis hardware) yang berfungsi untuk memasukkan perintah dan data ke dalam sebuah komputer sehingga komputer dapat dioperasikan sesuai dengan kehendak penggunanya. Cara mouse memasukkan perintahnya ke dalam komputer yaitu melalui media kabel atau tanpa kabel yaitu berupa sinyal gelombang radio. Pada perkembangannya mouse kini memiliki pesaing, yang dinamakan dengan touchpad. Touchpad dapat kita temui pada perangkat komputer jenis laptop, fungsinya sama yaitu untuk memasukkan perintah ke komputer berupa pointer yang bisa digerakkan oleh tangah dengan cara disentuh. Tujuan touchpad dipasang pada laptop agar lebih simpel, dan teknologinya pun terkesan lebih canggih dibanding mouse. Namun meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri mouse masih menjadi primadona untuk memasukkan input data dan perintah ke komputer, hal ini karena dengan menggunakan mouse lebih memudahkan dalam penggunaan dan lebih leluasa.

Sejarah Mouse Komputer

Jika kita mencoba memutar kembali waktu melalui sejarah yang tercatat dan tersebar, kita dapat mengetahui kapan pertama kali ditemukannya perangkat komputer jenis mouse ini. Sejarah mouse bermula pada tahun 1963 dimana saat itu mouse terbuat dari material kayu dengan hanya memiliki satu tombol, dan yang pertama kali menggagasnya adalah Douglas Engelbart. Pengembangan project mouse terus dilakukan oleh Engelbart, lalu ada kemajuan yang signifikan pada tahun 1970, saat itu mouse telah memiliki 3 buah tombol dan dapat mengetahui letak X-Y pointer yang ada pada layar komputer. Perangkat ini saat itu dikenal dengan nama X-Y Position Indicator.

Pada umumnya mouse memiliki tombol utama sebanyak dua buah, kedua tombol tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Sebagai pelengkap lalau ada tombol tambahan yang disebut sebagai tombol scroll, tombol ini dapat kita temukan pada mouse keluaran terbaru seperti mouse jaman sekarang. Jika anda sudah aktif mengoperasikan komputer sejak tahun 90an dulu, pastinya anda akan teringat pada mouse dengan bola sebagai penangkap gerakan. Jenis mouse ini untuk jaman sekarang sudah sangat susah ditemui, karena fungsi penangkap gerakan sudah digantikan dengan sinar laser untuk mouse modern. Mouse-mouse canggih pun kini sudah banyak kita temukan, baik itu dari banyaknya fungsi tombol atau dari segi sensitifitasnya, mouse-mouse jenis ini biasanya digunakan oleh para desainer dan penggemar games.

Demikianlah penjelasan dari kami tentang pengertian mouse komputer dan sejarah mouse komputer. Semoga dengan adanya informasi ini kita semakin terpacu untuk terus belajar ilmu komputer, dan kita tahu dengan menguasai komputer akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita. 

Image: nesabamedia.com

http://blog.unnes.ac.id/syaifullah/2016/08/12/pengertian-dan-sejarah-mouse/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Dawn of the Net - How the Internet works

 D eskripsi  tentang "BAGAIMANA CARA KERJA INTERNET"   Pada film tersebut ditampilkan beberapa perangkat dari jaringan antara lain...